4 Alasan Anak Malas ke Sekolah

Dalam sistem pendidikan Indonesia, adalah kewajiban bagi setiap anak untuk mengenyam pendidikan setidaknya 9 tahun. Namun seiring majunya perkembangan zaman, banyak anak yang sudah masuk ke jenjang pendidikan mulai usia dini, di bawah 5 tahun.

Sebagai seorang anak kecil yang masih senang bermain, wajar saja jika sesekali anak akan malas untuk pergi ke sekolah. Misalnya, setelah libur yang lumayan panjang. Atau, saat hujan di pagi hari. Tapi jika sang Anak selalu malas ke sekolah, mungkin ada beberapa faktor yang patut dicurigai, di antaranya:

 

  1. Tidak nyaman dengan suasana sekolah

Entah gurunya yang terlalu galak, atau teman-temannya yang suka mem-bully, kondisi sekolah yang tidak kondusif dan nyaman bisa jadi faktor utama si kecil malas. Dekati dia dan tanya soal update sekolah. Apakah ada anak baru, bagaimana guru-gurunya, dan apakah kelasnya nyaman untuk belajar.

 

  1. Kelelahan dengan kegiatan non-sekolah

Jika ia malas beranjak dari kasur pada hari-hari tertentu saja, mungkin ada yang salah dengan jadwal hariannya. Mungkin Anda terlalu banyak mengikutsertakan sang buah hati dalam bimbingan belajar, dan les musik? Perlu diingat, jangan rebut waktu bermain anak demi menyalurkan hobi Anda pada dia.

 

  1. Mencari perhatian

Semakin banyak waktu yang dihabiskan di luar rumah, semakin dikit waktu yang diterima oleh sang buah hati. Maka wajar saja, jika ia mencari segala cara untuk mencuri perhatian Anda. Ngambek di pagi hari saat ingin berangkat sekolah, misalnya.

 

  1. Lelah kena macet

Jika kita saja merasa lelah bila kena macet setiap hari, apalagi si buah hati. Pemilihan sekolah sebisa mungkin mempertimbangkan jarak dari rumah. Hindari kawasan yang rawan macet, apalagi jauh dari rumah. Jangan biarkan anak Anda harus menempuh perjalanan jauh hanya untuk sekolah.