4 Cara Mengurangi Tekanan PR Anak

Kesuksesan pendidikan anak tidak melulu bergantung pada peran guru di sekolah. Orang tua juga memiliki peran penting dalam membantu anak untuk tumbuh berkembang dan meraih prestasi di bidang akademis. Salah satu contoh nyata, adalah membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan guru di sekolah. Selain mengajarkan, orang tua juga bisa membantu mengurangi tekanan saat mengerjakan PR di rumah, dengan cara:

 

Mengatur Waktu Khusus Untuk Mengerjakan PR

Inti dari pekerjaan rumah, adalah melatih kemampuan anak untuk disiplin dalam membagi waktu. Sebagai orang tua, ada baiknya Anda membantu menetapkan waktu khusus untuk mengerjakan PR. Jangan paksa sang anak untuk langsung mengerjakan PR ketika ia baru pulang dari sekolah, karena ia pasti masih kelelahan.

 

Mengerjakan PR bisa di mana saja

Agar si anak santai dalam mengerjakan PR-nya, maka jangan larang untuk mengerjakan PR di mana saja. Termasuk, di teras rumah, lapangan komplek, atau di ruang keluarga. Biarkan ia mengerjakan PR dengan santai, agar tubuh dan pikirannya tidak stres.

 

Diselingi games seru, atau sambil ngobrol

Namanya juga Pekerjaan Rumah, jadi tidak mengapa dikerjakan sambil ngobrol dengan orang tua. Selain membicarakan soal pelajaran sekolah, Anda juga bisa mengajak ngobrol si buah hati tentang kondisi sekolahnya, bagaimana ekskul yang dia ikuti, dan apakah ada teman baru yang ia dekati saat ini.

 

Pastikan nyaman

Intinya, pastikan anak Anda merasa nyaman saat mengerjakan PR di rumah. Setelah diforsir berjam-jam belajar di ruangan kelas, ada baiknya memberikan sedikit rasa santai, tapi tetap serius.