Alasan Tubuh Terasa Lemas di Pagi Hari

Menjalani aktivitas di pagi hari akan jauh lebih mudah dan menyenangkan jika didukung dengan kondisi tubuh yang fit dan bersemangat. Namun, seringkali justru badan sudah lemas padahal baru saja bangun dari tidur semalaman. Tahukah Anda, ada beberapa hal yang menyebabkan tubuh lemas di pagi hari yang berkaitan dengan kebiasaan sebelum tidur. Di antaranya:

Kamar terlalu gelap

Sinar matahari di pagi hari seringkali jadi gangguan tidur. Tapi ternyata, ini penting lho. Alasannya, tubuh akan mudah mengenali sinar matahari jika kamar kamu cukup mendapatkan sinar di pagi hari. Otak akan mampu membedakan mana malam dan pagi hari, sehingga tubuh kamu dapat bangun dengan sendirinya dari tidur. Jika kamar terlalu gelap dan menghalangi sinar matahari, bisa jadi tubuh kamu tidak terbiasa bangun pagi, karena dianggap masih malam.

Kurang olahraga

Salah satu obat ampuh untuk mereka yang mengidap insomnia, adalah berolahraga sebelum tidur. Energi yang dibuang saat melakukan olahraga ringan akan membuat tubuh mampu beristirahat total saat tidur nyenyak sehingga membuat tubuh terasa lebih segar saat bangun. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan beberapa stretching atau olahraga ringan lainnya.

Kecanduan Social Media

Menurut ilmuwan, waktu tidur terbaik dalam satu hari adalah selama 8 jam. Hal ini mudah dilakukan, sebelum adanya Social Media macam Twitter, Facebook, atau Instagram. Tak bisa dipungkiri, keberadaan service ini membuat kita terikat lebih erat dengan teman-teman melalui dunia maya. Wajar saja jika waktu tidur kita makin berkurang karena menghabiskan waktu di malam hari untuk browsing, scrolling, dan retweet status teman-teman. Jika ingin tidur nyenyak, jauhkanlah ponsel dari jangkauan saat tidur.

Terlalu Banyak Minum Kafein

Penggila kopi pasti akan menentang poin terakhir ini, tapi bagi beberapa orang konsumsi kafein berlebih akan menyebabkan sulit tidur di malam hari. Hal ini berhubungan dengan efek samping kafein yang memacu kerja jantung, sehingga membuat sulit untuk santai dan mulai mengistirahatkan badan. Cara mengakalinya, ada baiknya Anda membatasi diri untuk tidak minum kopi di atas jam 4 sore.

Tidak Sarapan atau Memilih Sarapan yang Salah

Memulai aktivitas dengan perut kosong sudah pasti membuat tubuh Anda lemas. Melewatkan sarapan yang merupakan sumber energi pertama di pagi hari adalah keputusan yang buruk. Dijamin, kegiatan Anda menjadi tak optimal. Tapi, memilih sarapan yang salah pun tak dianjurkan. Sarapan yang mengandung banyak gula, justru akan membuat Anda lebih mengantuk. Sebaiknya pilih sarapan yang mengandung serat, karbohidrat tapi minim gula. Cereal dari gandum utuh seperti Simba Sereal bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.