Kiat Makan Sehat Selama Liburan

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau saat berlibur dan menikmati perjalanan jauh malah membuat Anda makan makanan yang tidak sehat. Hal ini bisa membuat kebiasaan makan sehat rusak karena ada keinginan untuk mencoba masakan-masakan baru. Apalagi bagi Anda yang sedang menjalani diet, sangat sulit menahan godaannya. Berikut kami sajikan kiat makan sehat selama liburan:

 

Isi dengan sarapan yang baik

Manfaatkan fasilitas dari hotel yang menyediakan menu sarapan besar dengan pilihan yang beragam. Sarapan dengan makanan berat akan lebih baik karena membuat Anda menghindari fast food sebelum mencapai tujuan pertama Anda. Tapi jangan lupa untuk tetap mengontrol porsi makan dari all you can eat buffet. Untuk penutup, ambillah banyak jenis buah-buahan dan jus yang tersedia.

 

Siapkan snack

Menyiapkan sandwich dan beberapa buah saat bepergian jauh bisa jadi salah satu pilihan cemilan sehat apalagi jika Anda tidak dapat menemukan restoran yang sesuai dengan lidah atau makanan yang disajikan mahal.

 

Pilih makanan yang sesuai

Saat berlibur ke tempat baru, sudah pasti Anda ingin mencoba berbagai macam masakan baru pula. Dianjurkan untuk memilih makanan dengan banyak sayuran dan kurangi makanan yang mengandung terlalu banyak mentega dan minyak. Contohnya jika berkunjung ke restoran pizza, pastikan Anda mendapat lebih banyak sayuran dibandingkan keju.

 

Mengkonsumsi minuman non kalori

Ada baiknya Anda mencoba sedikit mungkin konsumsi minuman soda dan beralih minum jus jika Anda ingin minuman manis untuk gantinya dan air mineral dalam kemasan. Dengan demikian, Anda dapat terbantu untuk mengurangi kalori dari konsumsi wisata kuliner Anda.

 

Berbagi makanan

Liburan bukan hanya berbagi kenang-kenangan. Anda juga bisa berbagi makanan bersama teman atau keluarga saat berlibur. Ketika ingin mencoba beberapa jenis jajanan, alangkah baiknya jika Anda berbagi makanan dengan orang lain dibandingkan mencoba semuanya tapi berujung tidak menghabiskan semuanya sendiri. Jadi, Anda masih tetap bisa mencoba segala jenis jajanan, bukan? Kalori yang dikonsumsi pun tetap terkontrol.