Manfaat Liburan untuk Anak

Masa kecil seharusnya menjadi masa yang penuh akan kenangan indah dan aktivitas menyenangkan untuk sang buah hati. Akhir-akhir ini banyak orang tua yang memaksakan jadwal padat untuk sekolah, atau kursus bermusik. Setiap anak punya hak untuk menikmati masa kecilnya. Padatnya jadwal sekolah harusnya juga diimbangi dengan liburan agar pikiran dan semangat sang anak tidak berkurang. Berikut ini beberapa manfaat liburan bagi anak Anda:

 

Melepas stres

Jadwal yang terlalu padat untuk anak bisa berdampak buruk. Bayangkan, sejak pagi ia harus menjalani aktifitas di sekolah. Selesai di siang hari, kemudian lanjut les musik atau les belajar lainnya. Aktivitas padat justru bisa menjadi bumerang bagi pertumbuhan anak. Jangan sampai ia kehilangan waktu untuk bermain, dan menjadi layaknya anak seusianya. Liburan bisa membantu anak untuk melepaskan stres dari aktivitas yang sibuk setiap harinya. Pastikan anak Anda mendapatkan liburan yang cukup setiap minggu, agar dia selalu bersemangat menjalani hari.

 

Belajar hal baru

Ada baiknya jika liburan untuk anak tidak monoton seperti pergi ke mall, makan bareng, atau bermain di playground terdekat. Anda bisa mengajak buah hati untuk liburan yang menantang untuk mereka. Seperti, outbond, atau mengikuti aktivitas outdoor lainnya. Berlatih bercocok tanam juga bisa menjadi salah satu liburan alternatif untuk mengajarkan hal-hal baru bagi sang anak. Semakin banyak pengalaman yang bisa ia dapatkan, semakin baik untuk pertumbuhannya.

 

Menumbuhkan Kreatifitas

Kreatifitas akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman. Semakin banyak liburan dan aktivitas yang dicoba sang anak, maka kreativitasnya akan semakin cepat berkembang. Pastikan untuk mengajak anak berlibur dengan aktivitas yang seru dan memancing kreatifitasnya. Seperti, bermain permainan teka teki untuk anak. Namun jangan sampai Anda memberikan aktivitas atau liburan yang tidak disukai sang anak. Justru ia bisa stres.

 

Mempererat hubungan keluarga

Masalah yang banyak dihadapi keluarga modern adalah kondisi keluarga yang tidak harmonis. Orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya membuat anak kehilangan sosok panutan, waktunya justru banyak dihabiskan bersama baby sitter. Jika Anda termasuk orang tua yang pergi pagi pulang malam, jadikan waktu liburan untuk menebus waktu yang hilang bersama anak. Pastikan dia mengerti sesibuk apapun Anda, pasti masih ada waktu untuk bersama.