Membangkitkan Semangat Anak Kembali ke Sekolah

Waktu liburan pasti jadi waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh anak. Setelah bersekolah selama satu semester, liburan memang dibutuhkan untuk membantu melepas stres yang dialami sang buah hati. Tapi libur terlalu panjang, justru bisa jadi bumerang. Seringkali karena terlalu menikmati hawa liburan, saat menjelang saatnya kembali ke sekolah justru malas-malasan.

 

Beberapa tips untuk membangkitkan semangat anak untuk kembali ke sekolah, di antaranya:

  1. Jangan ubah rutinitas di pagi hari

Walaupun sudah memasuki masa liburan, jangan ubah kebiasaan anak dengan drastis. Contohnya, tetap wajibkan ia untuk bangun pagi setiap hari. Jika ia terbiasa bangun, mandi, dan sarapan sebelum jam 7, maka jangan ubah rutinitas ini. Sehingga saat kembali waktunya untuk sekolah, ia tidak harus mengubah kebiasaan lagi.

 

  1. Jangan tidur larut malam

Selain tidak mengubah rutinitas di pagi hari, jangan biarkan anak tidur larut saat liburan. Seringkali kita menganggap liburan berarti melonggarkan aturan untuk sang anak. Jika dibiasakan tidur larut, kesehatan anak bisa terganggu. Selain itu, membiarkan anak tidur larut malam juga berbahaya karena banyak acara tv yang tak pantas dilihat anak kecil.

 

  1. Tetap belajar selama liburan

Tidak perlu memaksa anak Anda untuk membuka buku pelajaran, dan belajar seperti hari biasa. Berikan beberapa permainan atau games yang tetap menguras otak, sehingga ia tetap terbiasa berpikir. Harapannya, saat mulai sekolah lagi, sang anak tidak kesulitan untuk berpikir keras lagi.

 

  1. Beli perangkat sekolah baru

Cara lain membangkitkan semangat anak, adalah dengan mengajaknya membeli peralatan sekolah jelang tahun ajaran baru. Dengan peralatan baru, biasanya akan meningkatkan kepercayaan diri sang anak. Tetap batasi pengeluaran, agar tidak mengajari anak untuk boros.