Membiasakan Anak dengan Pola Makan Sehat

Pola makan sehat harus dibentuk sejak dini. Karena kebiasaan ini akan terus dibawa anak hingga ia dewasa nanti. Membiasakannya dengan pola makan yang baik, secara tidak langsung akan menjamin kesehatan anak hingga ia dewasa nanti.

Pola makan sehat tak hanya sekadar memberinya pilihan makanan yang bergizi baik. Ada juga banyak hal yang perlu diperhatikan.

 

Pilihan Makanan

Ini adalah hal yang utama. Jika Anda dan keluarga biasa memakan makanan yang sehat, maka otomatis anak juga terbiasa menyantap makanan sehat. Ajarkan anak sejak dini untuk memilih makanan yang bergizi. Misalnya saat balita Anda menginginkan makanan kecil yang tidak bergizi seperti permen atau gulali, bilang padanya bahwa itu bukan makanan sehat, kemudian berikan pilihan snack lain yang lebih sehat misalnya Simba Cereal. Dengan ini, anak sudah dikenalkan sejak dini antara makanan sehat dan tidak. Hal ini akan ia ingat hingga dewasa nanti.

 

Biasakan Anak Makan dengan Perlahan

Saat anak makan, biasakan untuk menyuruhnya mengunyah makanan dengan baik. Hal ini akan membuat sistem pencernaan anak lebih sehat. Selain itu, hal ini juga akan mencegah anak untuk makan berlebihan. Karena makan dengan perlahan membuat tubuh sempat mengirimkan sinyal kenyang ke otak.

 

Ciptakan Suasana Makan yang Nyaman

Pastikan Anda membuat suasana makan anak menjadi nyaman. Jangan sampai ia merasa stres atau tertekan di waktu makan, karena rasa terpaksa. Pastikan mood Anda juga sedang baik saat menemani si kecil makan. Jangan sampai tertanam di benak anak bahwa makan adalah kegiatan yang tak menyenangkan. Karena hal ini juga akan mempengaruhi pola makannya.

 

Libatkan Anak Saat Menyiapkan Makanan

Hal ini juga bisa menjadi tempat Anda untuk mengajarkan beragam makanan sehat. Selain itu, ini juga bisa menjadi jalan keluar bagi anak yang suka pilah-pilih makanan. Misalnya saat Anda memasak sup, mintalah si kecil untuk menyiapkan sayurannya. Saat itu Anda bisa menjelaskan berbagai manfaat sayuran pada si kecil. Anak pun akan lebih bersemangat saat makan karena merasa ia ikut serta dalam proses memasaknya.

 

Siapkan Camilan

Camilan sangat penting bagi anak terutama dalam masa tumbuh kembang, karena ia membutuhkan banyak energi. Tapi pastikan Anda memilih camilan sehat dan penuh nutrisi. Misalnya sereal aneka rasa dari Simba yang lezat. Selain itu pastikan Anda memberi jeda waktu yang cukup antara makan camilan dan makan besar. Hal ini untuk mencegah anak merasa kekenyangan saat jadwal makan besarnya.

 

Fokus Saat Makan

Jangan biasakan anak makan sambil bermain atau menonton TV. Mengapa? Karena hal ini membuat anak tidak menikmati proses makannya. Ia juga menjadi tak peka akan rasa lapar juga kenyang. Hal ini bisa berakibat pada kebiasaan makan berlebihan, dan membuat anak obesitas.

 

Perbanyak Minum Air Putih

Jangan biasakan anak minum air yang mengandung gula berlebih seperti es teh manis, soda atau minuman kemasan. Selain dapat membuatnya berisiko obesitas, ini juga akan membuat gigi anak menjadi rusak. Biasakan ia untuk minum air putih.

Semoga si kecil sehat selalu.