Mengatasi Kekhawatiran Anak Ketika Kembali ke Sekolah

Tahun ajaran baru biasanya menjadi saat yang paling sibuk. Segala persiapan harus dilakukan oleh orang tua agar sang anak siap kembali ke sekolah. Dari mulai membeli seragam baru, peralatan baca tulis yang baru, hingga beberapa aksesoris untuk memberi semangat.

 

Sebaik apapun persiapan kita, tak jarang sang anak justru gugup di hari pertama. Beberapa masalah yang dihadapi anak di hari pertama, di antaranya:

 

Malas bangun pagi

Seringkali selama liburan, jam tidur anak menjadi kacau. Tidur lebih larut, dan bangun lebih siang. Jangan heran jika mengembalikan kebiasaan bangun pagi butuh penyesuaian lagi.

 

Terbiasa Liburan

Berbeda dengan saat sekolah, saat liburan biasanya anak akan lebih santai dalam bersiap-siap di pagi hari. Sebaiknya, seminggu sebelum masuk sekolah, kembali biasakan anak untuk bangun pagi dan mandi sebelum jam 7.

 

Gugup dengan teman baru

Setiap tahun ajaran baru, maka anak harus beradaptasi dengan teman-teman baru. Beberapa tipe anak mungkin mengalami kesulitan saat harus beradaptasi dalam lingkungan baru. Saat liburan, berikan aktivitas yang membuat anak harus berinteraksi dengan orang asing.

 

Takut Menghadapi Kelas Baru

Naik kelas, tantangan baru. Jika anak merasa gugup dengan kelas baru dan beban pelajarannya, temani ia saat mengerjakan pekerjaan rumah. Ajari dengan perlahan, sehingga ia mulai nyaman dengan pelajaran yang lebih sulit.