Mengatasi Sikap Agresif Anak di Sekolah

Orangtua manapun pasti syok dan kecewa ketika si kecil yang terlihat manis di rumah ternyata sering menyakiti dan bersikap agresif pada teman-temannya di sekolah. Jangan kemudian panik lalu menghukum anak begitu saja. Ada banyak hal yang harus Anda mengerti mengenai situasi ini.

 

Satu hal utama yang harus Anda ketahui, bahwa tak ada anak yang menikmati kegiatan menyakiti orang lain. Seperti dikutip dari situs Hand in Parenting, anak-anak pada umumnya lebih suka bersenang-senang dan bermain dengan teman sebaya. Lalu mengapa mereka bisa berubah menjadi kasar dan agresif?

Perilaku itu terjadi karena mereka merasa tidak aman, terancam serta terisolasi. Perilaku agresif itu di luar kontrol diri mereka. Hal ini juga berarti, si kecil memiliki kekurangan dalam hal menyelesaikan masalah. Baginya bersikap agresif adalah jalan keluar yang terbaik.

 

Lalu apa yang harus orangtua lakukan?

  • Konsisten : Ini penting, agar anak tidak salah mengerti akan sikap Anda. Anda tak bisa menganggap perilakunya lucu di satu hari, lalu memarahinya di kemudian hari ketika ia melakukan kesalahan yang sama. Dari awal tanamkan pada anak, bahwa bersikap agresif bukanlah jalan keluar yang baik.
  • Bertanya : Bukan bertanya “kenapa?” tapi tanyakan “Apa tujuannya?”. Ini menunjukkan bahwa alasan apapun tak bisa membenarkan anak untuk berperilaku agresif. Jika ia sudah mengungkapkan tujuannya, tugas Anda adalah menjelaskan bahwa, sikapnya tak akan menyelesaikan masalah.
  • Cek lingkungan sekolah :Jika perilaku agresif ini hanya terjadi di sekolah, maka Anda harus cek lingkungan sekolahnya. Kenali situasi yang membuat anak terpancing berperilaku agresif. Jalinlah komunikasi yang baik dengan guru agar Anda tahu jelas apa yang dialami anak sehari-hari.

 

Jika memang Anda menilai, lingkungan sekolahlah yang memicu anak berperilaku agresif, maka tak ada salahnya untuk mencoba mencari sekolah baru untuk anak. membiarkannya berada di situasi yang tidak nyaman juga akan berpengaruh pada perkembangannya. Jika Anda ragu, silakan baca tips yang harus dilakukan saat anak pindah sekolah di sini. (Insert link tips anak pindah sekolah)