Sarapan Bernutrisi untuk Anak Usia Sekolah

Berbagai manfaat sarapan sudah dipaparkan oleh para ahli gizi dan macam-macam penelitian. Tapi tahukah Anda, bahwa bagi anak usia sekolah, manfaat sarapan jauh lebih penting. Tubuh anak-anak sedang berkembang, begitu juga otak mereka. Artinya mereka perlu banyak “bahan bakar” dari makanan. Ketika mereka tidak sarapan, konsekuensinya mereka bisa-bisa tidak mendapatkan gizi yang cukup.

Laporan Share Our Strength tahun 2013 di Amerika Serikat menyebutkan, ternyata banyak murid yang belajar dalam keadaan lapar. Sehingga yang terjadi, mereka tidak mampu menyimak guru dan menyerap pelajaran. penyebabnya, karena perut kosong. Kemampuannya berkonsentrasi dan memusatkan perhatian akan menurun. Akhirnya, perilaku dan prestasi murid pun terpengaruh.

Rasa lapar itu kemudian membuat emosi anak terganggu, moodnya di sekolah rusak. Bayangkan, hanya karena tidak sarapan, prestasi anak Anda bisa menurun, dan perilaku di sekolah pun menjadi negatif.

Masih dalam laporan Share Our Strength disebutkan, 90 persen pendidik setuju bahwa sarapan memegang peran amat penting dalam prestasi akademis. Tak heran jika dulu guru kita kerap berpesan agar kita tidur cepat dan sarapan yang cukup ketika masuk musim ujian.

Lalu, sarapan seperti apakah yang mampu membantu prestasi anak-anak di sekolah?

Pertama, yang mengandung protein. Wayne Campbell, peneliti dari Universitas Purdue mengatakan, protein mampu menghilangkan lapar dan menjaga perut kenyang lebih lama. Jadi jangan lupa masukkan protein ke menu sarapan anak Ibu. Telur bisa menjadi pilihan yang tepat. Sandwich telur, omelette bayam keju atau telur orak-arik bisa menjadi menu praktis yang digemari si kecil. Sosis goreng juga bisa menjadi pilihan yang praktis untuk sarapan.

 

Yang kedua, sereal. Bagaimanapun, tubuh manusia perlu karbohidrat dan serat. Dan sereal yang terbuat dari gandum utuh memiliki keduanya. Seral campur susu bisa menjadi pilihan sarapan kaya gizi bagi si kecil. Persiapannya pun sangat singkat dan praktis. Masukkan aneka varian Simba Sereal ke dalam menu sarapan anak Anda sekarang.

Yang ketiga, perkaya menu sarapan dengan sayuran dan buah-buahan. Alasannya, sayur dan buah mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan anak untuk baraktivitas seharian. Anda bisa mencampur buah pisang, strawberry dan Simba Oatmeal Muesli sebagai menu sarapan anak. Rasanya lezat, gizinya pun lengkap.

Mana yang jadi pilihan Anda?