Sarapan Khas dari Berbagai Negara

Tidak diragukan lagi, sarapan merupakan kebiasaan yang sehat. Manfaatnya yang memberi tubuh kita cadangan energi untuk beraktivitas sampai siang hari pun sudah diakui semua orang dari penjuru dunia. Uniknya, setiap masyarakat di setiap negara juga punya menu sarapan khas masing-masing. Kalau orang Indonesia doyannya sarapan pakai nasi goreng dan telor ceplok, nasi uduk, atau bubur ayam, bagaimana dengan negara lain?

 

Jepang

Negeri Matahari Terbit ini punya sarapan traditional khas yang terdiri dari beras, seafood, dan makanan fermentasi contohnya Natto, sejenis kedelai fermentasi yang menghasilkan enzim nattokinase. Enzim ini dapat membantu mencegah resiko penyakit jantung. Biasanya orang Jepang menyantap sarapannya dengan Miso sup, nasi dengan Nori, bubur beras, ikan bakar, telur mentah, dan sayuran acar. Tetapi, ada juga orang Jepang yang memilih menyantap sarapan ala Barat, atau yang dikenal dengan sebutan youfuu.

 

China

China punya banyak penduduk yang masing-masing tentu memiliki selera tersendiri saat menyantap makanan. Setiap daerah bahkan memiliki tradisi menyantap makanan yang saling berbeda, termasuk salah satunya menu sarapan. Di China Timur, makanan sarapan yang menjadi andalan antara lain pangsit, sup sayuran, bakpao atau semacam bubur beras yang disebut congee dan dilengkapi dengan susu kedelai. Congee dapat dimakan dengan buah-buahan atau bahan makanan gurih seperti ayam. Dimakan tanpa isian pun bisa jadi sumber karbohidrat sederhana, yang lebih mudah dicerna.

 

Prancis

Di Prancis, masyarakat hanya menyantap makanan manis sebagai sarapan di pagi hari. Roti seperti baguette atau croissant dengan mentega atau pilihan kue bercita rasa manis menjadi makanan popular di pagi hari. Orang Prancis tidak suka makanan sarapan bercita rasa gurih seperti telur atau daging. Walaupun sering mengkonsumsi makanan manis, mereka tidak perlu khawatir karena baguette memiliki indeks glycemic dan lemak rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Pilihan minumannya pun beragam, dari mulai teh, kopi, jus hingga cokelat panas.

 

Swedia

Sarapan orang Swedia, seperti juga negara-negara Skandinavia lainnya (Denmark, Norwegia, dan Finlandia), biasanya berbahan dasar daging ikan dan kentang. Anda pasti sudah tidak asing dengan sarapan terkenal lainnya dari Swedia yakni Swedish Meatball. Bakso khas Swedia ini disajikan secara tradisional dengan saus, kentang rebus, dan selai lingonberry, pancake, lutfisk. Sedangkan untuk mengiringi sarapannya, orang Swedia biasanya minum akvait, minuman alkohol yang populer dan penting dalam budaya Swedia. Perlu diketahui, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daging sapi sebagai bahan utama Swedish Meatball hingga 3 kali dalam seminggu karena kandungan zat besinya yang tinggi dapat mencegah anemia yang dapat menyerang anak-anak serta ibu hamil.

 

Inggris

Dilansir dari DailyMail, sarapan orang Inggris termasuk menu sarapan paling sehat. Bagaimana tidak? A full English Breakfast menghidangkan bacon, hash brown, telur dadar, ‘baked beans’┬ákacang putih yang dipanggang dengan saus, tomat yang dibelah menjadi dua dan digoreng dengan sisa lemak dengan taburan lada hitam dan garam, serta roti bakar. Dengan menu sarapan selengkap ini, Anda akan mengkonsumsi makan siang dengan porsi lebih sedikit karena tingginya kandungan protein dalam menu English breakfast yang dapat memenuhi rasa lapar.