Sarapan Meningkatkan Prestasi Belajar Anak

Membiasakan anak menyantap sarapan bergizi setiap hari tak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembangnya, prestasi belajarnya juga bisa meningkat. Hal tersebut disampaikan oleh Ronald E. Kleinman, M.D., dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutrisi yang mengajar di Harvard University, Amerika.

“Secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan setiap pagi,” ujar dr. Kleinman.

Sejumlah studi membuktikan pernyataan tersebut. Di Inggris, pernah dilakukan serangkaian penelitian terhadap 600 orang murid mengenai pengaruh kebiasaan sarapan dan performa anak di sekolah. Hasilnya, prestasi anak yang sarapan jauh lebih baik dari yang tidak biasa sarapan.

Prestasi anak menurun karena karena perutnya kosong saat proses belajar-mengajar. Perut yang kosong menimbulkan rasa lapar, sehingga respon di tubuh anak melambat. Hal itu menyebabkan anak sulit fokus dan konsentrasi. Tak hanya itu, rasa lapar juga membuat emosi anak tak stabil, dan terkadang membuat moodnya buruk.

Hal di atas juga dikuatkan dengan pernyataan dari Dr. Keith Ayoob, asisten profesor di bidang pendidikan dari Albert Enstein College of Medicine, New York.

“Perut kosong memang bukan kondisi ideal untuk proses belajar,” kata Dr. Ayoob.

Tak hanya itu, sarapan juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tubuh anak. Hal ini juga mencegah anak untuk sering tidak masuk sekolah karena sakit. Secara tidak langsung hal ini juga berimbas pada prestasinya.

Selain itu, Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat juga menemukan bahwa, kebiasaan sarapan dapat mencegah anak mengalami obesitas. Karena saat mereka menahan lapar sepanjang pagi, maka di siang hari mereka akan makan dengan porsi lebih banyak. Selain itu, mereka akan cenderung menyantap berbagai kudapan manis seperti permen, cokelat dan berbagai makanan kecil lain yang bisa menyebabkan obesitas. Selain itu, hal ini juga meningkatkan risiko diabetes pada anak.

Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan sarapan bergizi bagi anak, setiap hari ya!