Sehatkah Bekal Sekolah Anak?

Tahukah Anda, gizi untuk anak usia sekolah merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi setiap harinya. Terlebih untuk anak sekolah yang aktif beraktivitas sehari-hari. Secara biologis perkembangan serta pertumbuhan tubuh seorang anak sedang dalam keadaan aktif.

 

Proses–proses pertumbuhan pada anak haruslah di dukung dengan asupan gizi yang cukup karena tanpa asupan gizi yang cukup maka akan terjadi tidak optimalnya kinerja sel serta berakibat pada pertumubuhan anak yang lambat dan terancam berbagai penyakit.

Salah satu cara paling mudah untuk menjaga asupan gizi anak setiap harinya, adalah dengan membawakan bekal setiap hari. Namun, sudahkah Anda yakin dengan kandungan gizi dari bekal untuk sang anak?

 

Hindari makanan cepat saji

Menyiapkan makanan di pagi hari memang butuh waktu yang tidak sebentar. Seringkali, untuk mempersingkat waktu menyiapkan bekal, kita memilih untuk memasak makanan instan seperti mie instan, chicken nugget, atau sosis. Sebisa mungkin, kurangi menu makanan ini karena tingkat gizinya yang rendah.

 

Jangan lupa sayuran

Memang tidak mudah membuat anak mau menyantap sayuran sebagai makanan utama. Tapi dengan sedikit kreativitas dan cara memasak yang menarik, dijamin sang buah hati akan menyantap sayuran dengan nikmat.

 

Hindari bahan makanan mudah basi

Perlu diingat jika setiap bekal akan dibawa anak ke sekolah. Setidaknya, butuh waktu 3-4 jam sampai akhirnya bekal ini disantap saat waktu istirahat sekolah. Makanan seperti salad yang sayurannya tidak segar, daging ayam yang sudah disimpan lama di kulkas, dan juga berbagai makanan yang dicampur susu, biasanya cepat basi. Jadi, pastikan makanan yang Anda bawa tidak mudah basi agar masih segar saat disantap di siang hari.