Tips Saat Anak Harus Pindah Sekolah

Pindah memang bukan hal yang mudah. Tak perlu membicarakan proses beres-beres barang yang meletihkan, karena tantangan di depan lebih berat, yaitu beradaptasi di lingkungan baru. Kita sebagai orangtua saja tentu perlu waktu untuk merasa nyaman, apalagi anak-anak.

 

Hal tersebut kurang lebih sama dengan yang dirasakan anak yang pindah sekolah. Ia terpaksa meninggalkan teman-teman, guru dan lingkungan yang ia miliki saat ini dan pindah ke tempat yang baru.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Warwick Inggris menyatakan, bahwa jika seorang anak sering pindah-pindah sekolah, maka hal tersebut sangat mungkin mempengaruhi kesehatan mentalnya.

 

Penelitian itu dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap siswa berumur 12 tahun. Mereka ditanya efek apa yang terjadi selama 6 bulan pertama setelah pindah sekolah. Hasilnya 60 persen dari mereka mengalami halusinasi dan delusi.

Lalu apa yang harus dilakukan orangtua untuk mencegah hal yang buruk terjadi pada anak?

 

Komunikasi

Donna Henderson, Profesor konseling dari Universitas Wake Forest berujar “Komunikasi, dan berbicaralah pada mereka,”. Membicarakan hal-hal dan kemungkinan yang terjadi di sekolah yang baru akan membuat anak memiliki persiapan untuk menghadapinya. Yakinkan juga mereka bahwa, jika hal yang paling buruk terjadi, Anda sebagai orangtua akan berada di sisinya untuk mendukung dan membantunya. Yakinkan si anak, bahwa mereka tak sendirian.

 

Pelajari lingkungan yang baru

Datang ke sekolah beberapa hari sebelum jadwal sekolah dimulai adalah hal yang bagus. Anak dapat mengenali terlebih dahulu apa yang akan ia hadapi nanti. Ajak ia melewati rute perjalanan ke sekolah. Melihat-lihat suasana sekolah, hingga berkenalan dengan guru dan staf sekolah.

Tanyakan juga pada pihak sekolah, apakah memungkinkan bagi anak Anda untuk mengikuti sesi uji coba sekolah (trial), sebelum mereka benar-benar mulai bersekolah. Hal ini dapat membuat anak, juga Anda memperhatikan apakah lingkungan sekolah baru ini cukup aman dan nyaman bagi anak.

 

Berbicara pada tetangga

Hal ini berlaku pada Anda yang juga pindah rumah ke lingkungan baru. Cobalah bersosialisasi dengan tetangga baru Anda. Siapa tahu beberapa dari mereka memiliki anak yang juga bersekolah di sekolah baru anak Anda. Kenalkan anak-anak itu agar mereka bisa berteman sebelum jadwal sekolah dimulai. Hal ini dapat membuat anak Anda tak terlalu merasa asing di sekolah yang baru.

 

Selamat mencoba!